LATIHAN SOAL DAN JAWABAN (BAB I & II)

00.49 4 Comments A+ a-

1.11  Latihan Soal-Soal Pendahuluan IMK

1.        Jelaskan definisi Human Computer Interaction ( Interaksi Manusia dan Komputer )
Jawab :
Human Computer Interaction ( Interaksi Manusia dan Komputer ) adalah Komunikasi dua arah antara
pengguna (user) dengan sistem computer yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan
tertentu.
2.        Jelaskan perbedaan antara IMK dan User Interface!
Jawab :
IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) atau HCI (Human Computer Interaction) merupakan ilmu
yang mempelajari tentang perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk
digunakan oleh manusia, serta studi fenomena-fenomena besar yang terkait dengannya. Sedangkan
User interface adalah bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan
komputer. Jadi user interface merupakan jembatan komunikasi yang menjembatani user dengan
komputer.
3.        Jelaskan definisi Ergonomi itu?
Jawab :
ilmu yang mempelajari mengenai sifat dan keterbatasan manusia yang digunakan untuk merancang
sitem kerja, sehingga sistem tersebut dapat bekerja dengan baik. Dapat pula dikatakan bahwa aplikasi
ilmu egronomi adalah bentuk kondisi yang EASNR yaitu efektif, aman, sehat, nyaman dan efesien
serta aspek fisik yang mendukung dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.
4.        Mengapa faktor ergonomi dibutuhkan dalam interaksi manusia dan komputer?
Jawab : 
Faktor ergonomic dibutuhkan dalam IMK karena manusia yang bekerja di depan computer dengan
waktu yang lama memerlukan kenyamanan layanan dalam melakukan pekerjaan, agar hasil kerja
lebih baik karena sistem yang diopersikan lebih familiar.
5.        Sebutkan dan jelaskan bidang – bidang apa saja yang terlibat dalam IMK !
Jawab :
·         Teknik Elektronika/ ilmu computer
Bidang ini membantu memahami perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan dalam
merancang interaksi  manusia dan computer.
·         Psikologi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang sifat dan kebiasaan manusia yang berbeda-beda,
kemampuan kognitif dalam memecahkan masalah dan keterampilan monitorik pengguna yang
beraneka ragam.
·         Perancangan Grafis dan Tipografi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang penggunaan rancangan grafis seperti gambar akan lebih
bermakna dari pada teks/tulisan.
·         Ergonomik
Bidang ini membahas tentang aspek fisik yang mendukung dalam menciptakan lingkungan kerja
yang nyaman. Karena manusia yang bekerja didepan computer memerlukan waktu yang lama. Misal
bentuk Keyboar, mouse, posisi duduk, dan lain-lain.
·         Antropologi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang cara kerja manusia yang kadang berkelompok baik pada
waktu dan tempat yang sama maupun  berbeda. Kelompok ini biasanya terdiri dari beberapa orang
yang mengerjakan tugas sesuai dengan bidangnya masing-masing.
·         Linguistik
Linguistik merupakan ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Bidang ini akan membantu dalam
menciptakan suatu dialog yang diperlukan untuk komunikasi yang memadai antara user dan
komputer. Dialog disini biasanya menggunakan bahasa khusus ,spt: bahasa grafis, bahasa menu,
bahasa  perintah, dan lain-lain.
·         Sosiologi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang pengaruh interaksi manusia dan komputer dengan aspek
sosial masyarakat.
·         Rekayasa perangkat lunak
Faktor ini yang bisa menciptakan suatu program yang efektif, efisien serta user friendly (kenyamanan
pengguna).
·         Kecerdasan buatan
Bagian ilmu komputer yang bertujuan agar komputer dapat melakukan  pekerjaan sebaik yang
dilakukan manusia. Faktor ini berperan penting untuk menciptakan suatu sistem yang handal, canggih
dan menyerupai pola pikir manusia.
·         Multimedia (graphic design)
Multimedia digunakan sebagai sarana dialog yang sangat efektif antara manusia dan komputer.
Dengan adanya multimedia ini, tampilan suatu sistem yang dibuat akan lebih menarik dan lebih
mudah dimengerti manusia
6.        Apa saja yang terlibat dalam IMK?
Jawab :
Interaksi Manusia dan Komputer memiliki 3 Komponen yang terlibat, yaitu :
·         Pengguna (Manusia)
·         Sistem (Komputer)
·         Interaksi
7.        Sebenarnya antarmuka apa yang diinginkan oleh user?
Jawab :
·         Antarmuka yang menarik
·         Mudah dioperasikan
·         Mudah dipelajari
·         User Friendly (Ramah dengan pengguna)
·         Efisien
8.        Jelaskan tentang strategi yang dibutuhkan untuk pengembangan interaksi manusia dan computer?
Jawab :
·         Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna computer
·         Berbagai informasi yang berhubungan dengan karakteristik dialog
·    Penggunaan prototype yang berdasarkan pada spesifikasi dialog formal yang disusun secara bersama-sama antara calon pengguna dan perancang system.
·      Teknik evaluasi yang digunakan untuk mengevaluasi hasil prototype yang telah dilakukan
9.        Sebutkan dan jelaskan tentang sejarah perkembangan manusia dan computer?
Jawab :
     Sejarah interaksi manusia dan computer dimulai pada tahun 50-an ketika computer pertama kali diperkenalkan secara komersial. Computer yang diperkenalkan ini sangat sulit dipakai dan tidak praktis. Kemudian pada tahun 70-an mengalami perkembangan penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaaan, dsb).
    Kemajuan teknologi ini juga memperngaruhi rancangan siste, sehingga muncul isu teknik antarmuka pemakai (user interface) yang diketahui sebagai Man-Machine Interface (MMI) atau Interaksi Manusia-Mesin. Pada pertengahan  tahun 80-an, para peneliti akademis mengenalkan istilah Humaan Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia dan computer
·         Tahun 1950-an
                 Antarmuka pada level hardware untuk teknik. Contoh: Switch panel
·         Tahun 1960-1970-an
                 Antarmuka pada level pemrograman. Contoh : COBOL,FORTRAN
·         Tahun 1970-1990-an
                 Antarmuka pada level intruksi
·         Tahun 1980-an
     Antarmuka pada level dialog interaksi. Contoh : GUI,Multimedia
·         Tahun 1990-an
                 Antarmuka pada level lingkungan kerja. Contoh : Sistem Network,Groupware
·         Tahun 2000-an
                 Antarmuka berkembang dengan luas. Contoh.mobile device,interactive screen
10.    Jelaskan tentang hubungan manusia , komputer dan interaksi dalam IMK?
Jawab :



Ketiga komponen tersebut saling mendukung dan berkaitan satu sama lain. Manusia nya sendiri
adalah sebagai pengguna (user) yang memakai computer. User ini berbeda-beda dan karakteristik
masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya dalam menggunakan computer.
Komputer merupakan peralatan elektronik yang meliputi hadware (perangkat keras) dan software
(perangkat lunak). Seperti yang kita tahu bahwa prinsip kerja computer terdiri dari Input, Proses,
Output.


Komputer Ini akan bekerja sesuai dengan intruksi yang diberikan oleh pengguna. User member
perintah pada computer dan computer mencetak/menuliskan tanggapan pada layar tampilan. Dan
Interaksi merupakan sebuah intruksi atau masukuan data ke dalam computer.




2.12 Latihan Soal-soal Faktor Manusia

1.      Kombinasi warna terbaik untuk latar belakang warna merah adalah
A. Biru, hitam, hijau
B. Kuning, putih, hitam
C. Putih, Biru, cyan
D. Merah, kuning, biru

2.      Echotic pada memori penyaring manusia digunakan untuk menerima rangsangan berupa
A. Sentuhan
B. Penglihatan
C. Suara
D. Perasa

3.      Kecepatan kinerja yang tinggi, tingkat kesalahan yang rendah dan kepuasan yang tinggi dapat dihasilkan jika :
A. Pemakai masih pemula sehingga tidak keberatan menunggu untuk waktu yang lama
B. Selalu ada hiburan yag menarik perhatian pada setiap layer
C. Ada umpan balik yang jelas tentang kemajuan ke arah solusi
D. Pemakai sabar dan berlatar belakang budaya yang cenderung lamban

4.     Sehubungan dengan motivasi bagi faktor-faktor manusia dalam perancangan, manakah dari pernyataan-pernyataan berikut yang harus diperhatikan oleh perusahaan yang mengembangkan sistem pengendali lalu lintas udara :
A. Biaya perlu ditekan agar rendah, meski kehandalan sedikit dikorbankan
B. Waktu pelatihan yang lama tidak menjadi masalah asal kinerja pemakai cepat dan bebas   kesalahan
C. Perancangan sistem sulit, perancangan harus membuat sistem transparan sehingga pemakai mudah terserap dalam bidang bidang tugasnya
D. Kecepatan kinerja penting tetapi kesalaha operator di toleransi

5.      Dari jenis pekerjaan mana yang memberikan beban paling besar pada tangan, pergelangan tangan, jari jemari dan lengan?
A. Memasukan data
B. Pekerjaan interaktif
C. Akuisisi data
D. Pengolahan kata

6.      Dari jenis pekerjaan mana yang memberikan beban paling besar pada kognitif, persepsi yang tinggi serta beban otot yang rendah?
A. Memasukan data
B. Pekerjaan interaktif
C. Akuisisi data
D. Pengolahan kata

7.      Dalam perancangan antar muka pemakai, apa yang dapat kita lakukan untuk mengakomodasi expert  frequent user?
A. Meningkatkan kepercayaan diri dengan memudahkan pemakai melakukan task sederhana
B. Sering memberikan pertanyaan dan pesan-pesan berarti seperti “are you sure you want to exit this program?”
C. Perlu melindungi pemakai dari kemungkinan kesalahan karena coba-coba menjelajah sendiri
D. Menyediakan shortcuts, singkatan-singkatan,makro agar tugas dapat diselesaikan dengan lebih cepat




4 komentar

Write komentar
19 April 2017 pukul 16.15 delete

wah sama yang modul kupelajari, persis

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
21 November 2018 pukul 22.37 delete

Ask. Mengapa manusia begitu penting dalam imk?

Reply
avatar