Human Computer Interaction (HCI)

18.51 2 Comments A+ a-


  • Sejarah IMK
Komputer sebagai salah satu jembatan antar interaksi manusia memerlukan interaksi antara pengguna dari komputer tersebut dengan komputer yang digunakan, tanpa adanya interaksi manusia dan komputer. Interaksi manusia dan komputer sendiri berawal ketika terciptanya komputer generasi pertama dan terus berlanjut ke komputer generasi berikutnya.
Interaksi manusia dan komputer, seperti yang dituliskan dalam The Essential Guide to User Interface Design second edition, Galitz (2002) menyatakan bahwa :
            Pada akhirnya, pada tahun 1970 cara beinteraksi alternative muncul. Riset di Xerox’s Palo Alto Research Center telah menemukan alternative interface dengan menggunakan gesture atau gerakan tubuh manusia, bentuk dasar dari semua komunikasi manusia. Sistem yang dikeluarkan oleh Xerox yaitu Altus dan STAR, mengenalkan mouse dan cara menunjuk atau pointing dan memilih atau selecting sebagai salah satu cara pengoperasiannya. System ini juga mengenalkan system GUI atau Graphical User Interface  yang kita kenal sekarang ini.
Berawal daru system yang diciptakan oleh Xerox interaksi antar manusia dan komputer terutama menggunakan GUI atau Graphical User Interface terus berkembang dan terus digunakan sebagai komponen utama dalam interaksi antara manusia dan komputer. Dibawah ini adalah  tabel perkembangan GUI sampai dengan tahun 1989 :


Tabel 1,  sejarah GUI sampai dengan tahun 1989


  • IMK dalam Bidang Akademik


Contoh IMK dalam Bidang Akademik adalah pembuatan KRS online di fakultas teknik dimana mahasiswa dapat memilih  matakuliah yang akan diambil secara komputerisasi. Dengan tersedianya SIMAK maka akan sangat mendukung dan memperlancar kegiatan akademis yang semakin meningkat sejalan dengan peningkatan jumlah total mahasiswa yang harus diproses. Dengan SIMAK diharapkan dapat melayani kebutuhan semua pihak dengan baik dan cepat, serta mengurangi kesalahan-kesalahan yang sering terjadi seperti saat ini. Pengisian form KRS oleh mahasiswa dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, dan kontrol mata kuliah menjadi mudah dilakukan sehingga pemrosesan nilai Kartu Hasil Studi dapat dilakukan tepat waktu. Mahasiswa dapat lebih teliti lagi dalam pengisian form KRS dan Pembimbing Akademik dapat lebih teliti dalam membimbing mahasiswa yang mengisi form KRS.

Adapun Ilmu yang berhubungan dengan IMK , antara lain :
1.Teknik elektronika & ilmu komputer = memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI
2. Psikologimemahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna
3.Perancangan grafis dan tipografi = sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakansebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & komputer
4. Ergonomik = berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu,kebersihan tempat kerja
5. Antropologi = ilmu pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya
6. Linguistik = merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialogdiperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah
7. Sosiologi= studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi kantor

Referensi :
Galitz, W. O. (2002). The Essential Guide to User Interface Design second edition by Wilbert O. Galitz. New York: Wiley Computer Publishing.

2 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
17 September 2015 pukul 20.57 delete

tambahakan video dan gambar penemu2 IMK 72

Reply
avatar
17 Desember 2017 pukul 07.45 delete

terimakasih artikelnya sangat bermanfaat

Reply
avatar