Human Computer Interaction (HCI)
- Sejarah IMK
Interaksi manusia dan komputer,
seperti yang dituliskan dalam The
Essential Guide to User Interface Design second edition, Galitz (2002)
menyatakan bahwa :
Pada akhirnya, pada tahun 1970 cara
beinteraksi alternative muncul. Riset di Xerox’s Palo Alto Research Center
telah menemukan alternative interface dengan
menggunakan gesture atau gerakan
tubuh manusia, bentuk dasar dari semua komunikasi manusia. Sistem yang
dikeluarkan oleh Xerox yaitu Altus dan STAR, mengenalkan mouse dan cara menunjuk atau pointing
dan memilih atau selecting sebagai
salah satu cara pengoperasiannya. System
ini juga mengenalkan system GUI atau Graphical
User Interface yang kita kenal
sekarang ini.
Berawal daru system yang diciptakan oleh Xerox interaksi antar manusia dan
komputer terutama menggunakan GUI atau
Graphical User Interface terus
berkembang dan terus digunakan sebagai komponen utama dalam interaksi antara
manusia dan komputer. Dibawah ini adalah
tabel perkembangan GUI sampai dengan tahun 1989 :
Tabel 1, sejarah GUI sampai dengan tahun 1989
Referensi :
- IMK dalam Bidang Akademik
Contoh IMK dalam Bidang Akademik adalah pembuatan KRS online di fakultas teknik dimana mahasiswa dapat memilih matakuliah yang akan diambil secara komputerisasi. Dengan tersedianya SIMAK maka akan sangat mendukung dan memperlancar kegiatan akademis yang semakin meningkat sejalan dengan peningkatan jumlah total mahasiswa yang harus diproses. Dengan SIMAK diharapkan dapat melayani kebutuhan semua pihak dengan baik dan cepat, serta mengurangi kesalahan-kesalahan yang sering terjadi seperti saat ini. Pengisian form KRS oleh mahasiswa dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, dan kontrol mata kuliah menjadi mudah dilakukan sehingga pemrosesan nilai Kartu Hasil Studi dapat dilakukan tepat waktu. Mahasiswa dapat lebih teliti lagi dalam pengisian form KRS dan Pembimbing Akademik dapat lebih teliti dalam membimbing mahasiswa yang mengisi form KRS.
Adapun Ilmu yang berhubungan dengan IMK , antara lain :
1.Teknik elektronika & ilmu komputer = memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI
2. Psikologimemahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna
3.Perancangan grafis dan tipografi = sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakansebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & komputer
4. Ergonomik = berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu,kebersihan tempat kerja
5. Antropologi = ilmu pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya
6. Linguistik = merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialogdiperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah
7. Sosiologi= studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi kantor
7. Sosiologi= studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi kantor
Referensi :
Galitz, W. O. (2002). The Essential Guide to User
Interface Design second edition by Wilbert O. Galitz. New York: Wiley
Computer Publishing.
2 komentar
Write komentartambahakan video dan gambar penemu2 IMK 72
Replyterimakasih artikelnya sangat bermanfaat
Reply