Subdisiplin dalam Ilmu Al

01.43 2 Comments A+ a-

Sub Disiplin Ilmu Kecerdasan Buatan, diantaranya :

  • Sistem Pakar (Expert System) : suatu sistem yang dirancanga untuk dapat menirukan keahlian sesorang pakar dalam menjawab pertanyaan dan memecahkan suatu masalah dimana sistem dapat berdialog dengan manusia.
  • Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing) : pembuatan program yang memiliki kemampuan untuk memahami bahasa manusia. Contoh : google translate, TTS (text to speech) alat bantu membaca untuk tunanetra dsb.
  • Pengenalan Ucapan (Speech Recognition) : pengembangan teknik dan sistem yang memungkinkan komputer menerima masukan berupa kata yang diucapkan. Contoh : Telepon untuk penderita bisu Tuli, Alat untuk tuna wicara
  • Robotika dan Sistem Sensor : sistem atau alat yang digunakan untuk menggantikan kinerja manusia secara otomatis
  • Computer Vision : cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari bagaimana komputer dapat mengenali objek yang diamati/diobservasi. 
  • Intelligent Computer-Aided Instruction : komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih mengajar. Contoh : Learn to Speak English
  • Game Playing: aplikasi permainan yang diprogram pada komputer sesuai dengan aturan yang ada pada basis pengetahuan. Contoh : permainan catur, kartu, dsb. 
Sumber : http://www.slideshare.net/bayaws/ai-1-15913382

2 komentar

Write komentar
rizkipebriana
AUTHOR
21 September 2015 pukul 23.14 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
rizkipebriana
AUTHOR
21 September 2015 pukul 23.17 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar