Subdisiplin dalam Ilmu Al
Sub Disiplin Ilmu Kecerdasan Buatan, diantaranya :
- Sistem Pakar
(Expert System) : suatu sistem yang dirancanga untuk dapat menirukan
keahlian sesorang pakar dalam menjawab pertanyaan dan memecahkan suatu
masalah dimana sistem dapat berdialog dengan manusia.
- Pengolahan
Bahasa Alami (Natural Language Processing) : pembuatan program yang
memiliki kemampuan untuk memahami bahasa manusia. Contoh : google
translate, TTS (text to speech) alat bantu membaca untuk tunanetra
dsb.
- Pengenalan Ucapan (Speech Recognition) : pengembangan teknik dan
sistem yang memungkinkan komputer menerima masukan berupa kata yang
diucapkan. Contoh : Telepon untuk penderita bisu Tuli, Alat untuk tuna
wicara
- Robotika dan Sistem Sensor : sistem atau alat yang digunakan
untuk menggantikan kinerja manusia secara otomatis
- Computer Vision
: cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari bagaimana komputer dapat
mengenali objek yang diamati/diobservasi.
- Intelligent Computer-Aided Instruction : komputer dapat digunakan
sebagai tutor yang dapat melatih mengajar. Contoh : Learn to Speak
English
- Game Playing: aplikasi permainan yang diprogram pada komputer
sesuai dengan aturan yang ada pada basis pengetahuan. Contoh :
permainan catur, kartu, dsb.
Sumber : http://www.slideshare.net/bayaws/ai-1-15913382
2 komentar
Write komentar